tumbler adalah

Tumbler adalah Tempat Minum Ramah Lingkungan, Ini Sejarah dan Jenisnya

Posted on

Tumbler adalah tempat minum portabel yang bisa digunakan kembali dan dilengkapi penutup yang kuat. Tumbler umumnya terbuat dari stainless steel plastik, dan kaca dan berukuran lebih dari 500 ml. Namun, setiap produk akan bervariasi sesuai spesifikasinya. 

Bentuknya juga bervariasi. Ada yang berbentuk seperti gelas (tetap dengan penutup) maupun botol minum. Banyak juga tumbler yang dilengkapi teknologi vakum, lapisan ganda, dan penutup wadah.   

Tumbler adalah Tempat Minum Ramah Lingkungan, Ini Sejarahnya 

Dalam sejarahnya, tumbler adalah tempat minum yang ditemukan beberapa dekade setelah penemuan termos. Termos sudah ada sejak abad ke-17, tetapi barang ini baru resmi dipatenkan pada tahun 1904. Menurut sejarah, orang yang pertama kali menemukan termos adalah Sir James Dewar, ahli kimia asal Skotlandia.

Sementara itu, tumbler ditemukan pada tahun 1946. Ini merupakan inovasi dari Frank Cotter dan G. Howlett Davis, yang menyadari bahwa masyarakat membutuhkan termos dengan ukuran yang lebih praktis dan portabel.  

Jenis Tumbler

Terdapat berbagai jenis tumbler yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan preferensi masing-masing. 

1. Tumbler Stainless Steel

Jenis tumbler yang paling sering ditemukan terbuat dari bahan stainless steel. Jenis ini lebih banyak dicari oleh masyarakat karena memiliki daya tahan yang tinggi. Tak sedikit pula tumbler stainless steel yang dilengkapi lapisan keramik di dalamnya.  

2. Tumbler dengan Kertas Sisipan  

Jenis tumbler dengan insert paper pernah booming beberapa kali karena memiliki tampilan yang unik. Di lapisan dalam dan tengahnya terdapat ruang yang bisa digunakan untuk menaruh kertas. Kertas tersebut bisa dikreasikan sesuai keinginan pemiliknya, seperti diberikan gambar-gambar lucu, nama, atau hal lainnya yang tak kalah menarik.   

3. Tumbler Kaca

Tumbler kaca juga banyak digunakan karena tampilannya yang terkesan lebih elastis. Daya tahannya sendiri tergantung ketebalan kacanya. Semakin tebal kaca maka pasti akan semakin tahan lama.  

Fungsi Tumbler

Fungsi tumbler cukup beragam, mulai dari menyimpan makanan panas dan berkuah, barang koleksi, sampai media promosi. 

1. Sebagai Wadah untuk Menyimpan Makanan

Selain sebagai tempat minum, tumbler juga bisa digunakan untuk menyimpan makanan yang berkuah, sayur, sop, bubur, kolak, dan lainnya. Ada beberapa tumbler minum yang memiliki karakteristik yang memungkinkannya mempertahankan suhu di dalamnya. Pada umumnya, tumbler yang digunakan untuk keperluan ini terbuat dari stainless steel dan aluminium. 

2. Sebagai Koleksi atau Hiasan

Seiring perkembangannya, tumbler tidak hanya digunakan sebagai wadah untuk menyimpan minuman. Namun, juga bisa dijadikan sebagai barang-barang hiasan. Apalagi tumbler juga dirancang khusus dengan bahan yang membuatnya bisa bertahan lama. Dengan begitu, tumbler sangat cocok untuk orang yang suka mengoleksi barang di etalase.  

3. Sebagai Media Promosi

Fungsi tumbler saat ini sudah luas. Pada era digital yang semakin modern seperti saat ini, tumbler juga sering dijadikan sebagai bahan media promosi perusahaan. Biasanya dengan cara diberikan sebagai merchandise kepada konsumen, klien, dan karyawan perusahaan.

Ada juga perusahaan yang menjadikan tumbler sebagai suvenir acara guna menarik banyak pengunjung dan konsumen. Sertakan juga logo dan nama perusahaan agar bisa meningkatkan brand awareness.  

Kesimpulannya, tumbler adalah tempat minum ramah lingkungan dengan berbagai jenis dan fungsi yang sangat berfaedah.  Saat ini tumbler menjadi barang esensial yang selalu dibawa beraktivitas, apalagi dengan desain yang beragam dan kemampuan dalam menjaga suhu minuman di dalamnya.