tema acara organisasi

10 Ide Tema Acara Organisasi agar Kegiatan Makin Meriah

Posted on

Saat merancang tema acara organisasi, tentu kita ingin event bisa berjalan dengan lancar. Ada berbagai hal yang bisa kita lakukan untuk membuat acara berjalan lebih meriah, salah satunya dengan membagian souvenir atau doorprize.

Ada banyak souvenir yang bisa kita bagikan, mulai dari kaos seragam, kalender, buku, atau souvenir menarik lainnya. Acara tidak hanya meriah, tetapi juga berkesan bagi semua peserta.

Lantas, tema acara apa saja yang biasanya dijadikan diselenggarakan organisasi atau perusahaan? Berikut adalah contoh tema kegiatan organisasi yang bisa kamu selenggarakan secara meriah.

Baca juga: 8 Langkah Kembangkan Ide Merchandise untuk Berbagai Acara

Ide Tema Acara Organisasi

Sebuah organisasi biasanya memiliki beberapa agenda acara yang bisa menghadirkan ratusan hingga ribuan peserta. Berikut adalah beberapa tema acara di dalam organisasi yang bisa diselenggarakan.

1. Company Gathering

tema acara organisasi
Ide tema acara company gathering. Source: amazonaws.com

Tema acara yang pertama dalam suatu organisasi adalah company gathering atau pertemuan perusahaan. Acara ini biasanya mempertemukan semua anggota perusahaan dari berbagai posisi untuk menyatukan visi-misi.

Jika ukuran perusahaan terlalu besar, pertemuan seperti ini biasanya hanya menghadirkan karyawan dari satu cabang perusahaan saja. Contoh tema organisasi ini umumnya berlangsung 1-2 kali dalam satu tahun.

Agar suasana di dalam acara ini semakin meriah, pembagian souvenir acara kantor berupa handbag, pulpen, atau buku bisa dilakukan. Dengan harga pembuatan yang terjangkau, pembagian souvenir tersebut bisa untuk semua peserta.

2. Seminar Persiapan Karir

Tema acara organisasi berikutnya adalah seminar tentang persiapan karir. Tema ini biasanya diangkat oleh kampus atau divisi pemerintahan seperti Dinas Ketenagakerjaan. Pasalnya, dua instansi tersebut erat kaitannya dengan dunia kerja.

Untuk pesertanya sendiri bisa berasal dari internal mahasiswa, alumni kampus, atau masyarakat umum. Dengan adanya seminar persiapan karir, tentu para calon pekerja bisa lebih mengatur strategi guna mendapatkan pekerjaan impian.

3. Workshop Ekonomi Digital

tema acara organisasi
Workshop bisa jadi ide acara organisasi. Source: Indeed

Laju perkembangan teknologi digital kian tak terbendung dari hari ke hari. Hal ini secara signifikan juga membawa pengaruh yang besar pada bidang ekonomi. Inilah kenapa workshop tentang ekonomi digital bisa menjadi tema yang menarik saat ini.

Organisasi atau instansi yang cocok untuk mengangkat tema ini meliputi perusahaan telekomunikasi, kementerian perindustrian, universitas, atau perbankan. Tema ini juga memiliki peminat cukup besar mengingat banyak orang yang semakin melek digital.

Untuk mendukung jalannya acara, kamu bisa membuat souvenir berupa pouch anti air, mug, kaos, atau jenis souvenir lain yang masih relevan untuk dibagikan ke beberapa atau semua peserta yang hadir ke acara tersebut.

4. HUT Perusahaan

Tema yang bagus untuk acara organisasi berikutnya sudah pasti adalah hari ulang tahun perusahaan. Pada momen ini, sebuah perusahaan tentu saja memiliki peringatan yang meriah dan mengundang sebagian besar karyawannya di sebuah acara.

Dalam peringatan hari jadinya, biasanya perusahaan akan mengadakan serangkaian event menarik, mulai dari lomba, company gathering, outbound, dan sebagainya. Tak jarang souvenir cantik seperti mug atau topi menjadi bagian dari perayaan ini.

Tema acara organisasi yang berkaitan dengan ulang tahun perusahaan biasanya akan melibatkan banyak peserta dari berbagai divisi. Rangkaian acara di hari ultah perusahaan pastinya akan berlangsung seru dan meriah.

5. Pameran Kerajinan UMKM

Lingkungan kampus, Kemenparekraf, atau Kementerian Ekonomi sangat mendukung kegiatan yang dekat dengan UMKM. Salah satu bentuk dukungannya adalah mengadakan pameran kerajinan yang berisi produk-produk UMKM.

Dalam hal ini, ada banyak produk UMKM yang bisa menjadi pameran, mulai dari pakaian batik modern, sepatu kulit, atau tas custom. Ajang ini sekaligus memperkenalkan produk-produk tersebut kepada masyarakat sehingga memberikan eksposur lebih.

ukuran tas punggung jika dipakai wanita

Produk-produk sepatu kulit misalnya, para pengrajin dari Kota Bandung tentu bisa menjadi bagian dalam pameran ini. Ada juga tas custom SOUVIA yang menawarkan pembuatan souvenir tas custom dengan desain menarik.

6. Seminar Isu Lingkungan

Satu lagi tema kegiatan organisasi yang biasanya terselenggara di lingkungan kampus adalah seminar isu lingkungan. Seminar ini bertujuan untuk memberi kesadaran semua pihak akan pentingnya gaya hidup keberlanjutan. Anda bisa mengundang para ekspertis di bidang lingkungan untuk memaparkan materi berkualitas.

Secara simbolis, penyelenggara juga bisa membagikan souvenir berupa tumbler sebagai bentuk dukungan sekaligus menjaga bumi tetap hijau. Pasalnya, tumbler mampu mengurangi penggunaan plastik yang saat ini kian banyak.

7. Malam Keakraban Mahasiswa

Bagi mahasiswa, salah satu cara untuk menjalin kedekatan dengan teman satu angkatan atau dengan mahasiswa di atasnya adalah melalui kegiatan malam keakraban. Berbagai hal bisa kita lakukan di acara tersebut. 

Biasanya, kegiatan malam keakraban di isi dengan hal-hal yang seru dan menyenangkan, mulai dari games, kado silang, api unggun, dan sebagainya. Semua kegiatan harus mempererat hubungan antar mahasiswa.

Dalam hal ini, penyelenggara bisa membagikan souvenir berupa kaos atau barang sederhana lainnya agar acara lebih berkesan. Setidaknya tema kegiatan organisasi ini bisa menjadi agenda tahunan yang seru untuk diikuti mahasiswa.

8.  Jalan Sehat Spesial Kemerdekaan

Tema acara organisasi berikutnya yang kerap menjadi event tahunan adalah kegiatan jalan sehat untuk mengisi kemerdekaan Republik Indonesia. Selain untuk lingkungan internal organisasi, acara jalan sehat juga bisa diselenggarakan untuk umum.

Organisasinya pun tak terbatas hanya untuk bidang tertentu saja, berbagai lapisan organisasi bisa menyelenggarakan kegiatan ini. Beberapa di antaranya seperti perusahaan, pemerintahan, atau organisasi kemasyarakatan.

souvenir tema acara organisasi

Di akhir acara, pengundian doorprize biasanya menjadi segmen wajib yang membuat kegiatan makin seru. Dalam hal ini, penyelenggara bisa memberi hadiah berupa TV, sepeda, kipas angin, atau speaker seperti Speaker Lenovo Portable.

9. Talkshow Motivasi

Selanjutnya, kita juga bisa menyelenggarakan sebuah tema acara organisasi berupa talkshow motivasi yang menghadirkan tokoh berpengaruh seperti public figure, pengusaha, atau tokoh pemerintahan yang menginspirasi.

Kampus sebagai wadah bagi para mahasiswa yang kelak melahirkan tokoh-tokoh perubahan baru bisa menjadi penyelenggaranya. Setidaknya, acara seperti ini bisa mengisi HUT universitas, dies natalis, dan momen penting lainnya.

10. Konser Musik dan Bazar

Rekomendasi ide tema acara organisasi terakhir adalah konser musik dan bazar. Event ini bisa menjadi kegiatan mahasiswa di kampus, acara ulang tahun SMA, bahkan gathering kantor.

Konser musik dengan bintang tamu yang sudah populer tentu bisa menarik minat banyak orang secara umum, terutama para penggemarnya. Dengan mengkombinasikannya dengan bazar, tentu kegiatan tersebut jadi semakin meriah.


Itulah tadi berbagai tema acara organisasi yang bisa kamu selenggarakan demi memeriahkan suatu peringatan seperti HUT organisasi, kemerdekaan, atau peringatan hari besar lainnya.

Bila kamu sedang mencari penyedia souvenir untuk berbagai acara, jangan ragu pesan di SOUVIA!

SOUVIA merupakan produsen pengadaan souvenir untuk berbagai perusahaan, organisasi, hingga komunitas. Kami menyediakan aneka jenis souvenir unik dan menarik yang bisa mengisi berbagai acara atau momen.

Dengan adanya souvenir, berbagai acara organisasi akan menjadi lebih seru dan berkesan. Silakan hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk memesan berbagai souvenir menarik untuk acara tertentu. Pesan segera! 

BACA INSPIRASI LAINNYA: