jenis plastik

4 Kode & Jenis Plastik yang Aman untuk Kemasan Makanan

Posted on

Plastik populer digunakan sebagai bahan wadah makanan atau minuman karena tidak mudah rusak dan praktis dibawa. Selain itu, plastik juga banyak digunakan sebagai bahan souvenir, seperti tumbler. Namun, kamu juga perlu tahu jenis plastik apa saja yang aman sebagai wadah kemasan.

Saat membeli produk berbahan plastik, apakah kamu menemui simbol segitiga dengan kode tertentu? Simbol segitiga merupakan simbol daur ulang, sedangkan kodenya adalah jenis bahan plastik yang dipakai.

Daripada makin penasaran, cari tau apa saja jenis plastik yang banyak dipakai oleh pebisnis. Simak juga souvenir ready stock dari SOUVIA yang menggunakan plastik terbaik di artikel ini, ya!

BACA JUGA: 5 Produk Eco Friendly yang Cocok Jadi Souvenir Kantor

Jenis-Jenis Plastik yang Aman Digunakan

Faktanya, tidak semua jenis plastik aman digunakan sebagai plastik kemasan. Dari 7 jenis plastik, 4 di antaranya aman untuk wadah makanan dan minuman. Berikut jenis-jenis plastik dan contohnya yang aman untuk digunakan sebagai kemasan makanan.

1. Kode Plastik Nomor 1: Polyethylene Terephthalate (PET, PETE)

jenis plastik
Jenis plastik dengan kode 1 atau PET. Source: Everyday Recycler

Botol atau kemasan plastik dengan simbol bentuk segitiga dengan kode angka 1 merupakan tanda daur ulang dengan kode PETE atau PET. Tanda ini mengindikasikan bahwa bahan plastik yang digunakan adalah polyethylene erephthalate. 

Biasanya, simbol ini ditemukan pada plastik yang digunakan untuk mengemas makanan dan minuman. Contohnya botol minum, botol minuman berkarbonasi, botol minyak, wadah saus, wadah selai, dan kotak obat.

Plastik jenis ini hanya cocok untuk penggunaan sekali pakai dan tidak disarankan digunakan berulang kali, terutama untuk air panas. Alasannya karena lapisan polimer dan zat karsinogenik dalam plastik dapat larut dan berpotensi menyebabkan masalah kesehatan, termasuk risiko kanker. 

Produk plastik dengan kode ini didaur ulang untuk diubah menjadi barang-barang seperti tas atau karpet. Kamu boleh menggunakannya sebagai wadah makanan, tetapi hanya sekali pakai saja!

2. Kode Plastik Nomor 2: High-density Polyethylene (HDPE)

Jenis botol atau wadah plastik berikutnya adalah yang mengandung angka 2 dan kode HDPE atau PEHD. Tanda ini berguna untuk mengidentifikasi bahan plastik yang terbuat dari high-density polyethylene.

Penggunaan plastik dengan kode ini umumnya untuk mengemas galon air minum, botol plastik infused water, botol susu, wadah sabun, wadah deterjen, wadah sampo, serta plastik berdinding tebal lainnya.

Plastik jenis ini termasuk kategori yang relatif aman untuk digunakan berulang kali. Sebab, HDPE seringkali didaur ulang dengan efisiensi ekonomi dan proses daur ulang yang sederhana. 

Nah, wadah plastik ini juga aman untuk minuman panas atau terkena sinar matahari. Hal ini karena HDPE tidak larut dalam minuman.

Meskipun demikian, kamu tetap harus menjaga kebersihan kemasan plastik tersebut, terutama jika berniat untuk menggunakannya kembali.

3. Kode Plastik Nomor 4: Low-density Polyethylene (LDPE)

Jenis plastik berikutnya bernomor 4 dengan kode LDPE atau PE-LD. Biasanya tanda ini terdapat pada kantong plastik kresek, kantong sampah plastik, tas belanja, hingga bungkus makanan.

Contoh bahan plastik pada kode ini yaitu low-density polyethylene yang memiliki sifat elastis, transparan, daya tahan tinggi, dan permukaan yang agak berminyak. Selain itu, gelas plastik dengan kode ini memiliki daya proteksi yang baik terhadap uap air.

Plastik LDPE bisa digunakan berulang kali. Namun, sebaiknya menggunakan sekali, lalu mendaur ulang. Dengan begitu, plastik ini tidak terakumulasi pada lingkungan yang akhirnya memerlukan berabad-abad untuk terurai sepenuhnya.

4. Kode Plastik Nomor 5: Polypropylene (PP)

jenis plastik
Plastik dengan kode 5 pada botol makanan. Source: ISM Waste & Recycling

Macam-macam jenis plastik yang aman yaitu plastik dengan kode segitiga nomor 5. Kode ini mengindikasikan bahwa kemasan plastik tersebut terbuat dari polypropylene.

Plastik ini merupakan yang paling baik dan aman digunakan berulang kali. PP memiliki titik lebur yang tinggi sehingga cocok untuk menahan suhu tinggi. Umumnya, plastik ini memiliki model yang seragam dengan berbagai pilihan warna. 

Namun, jika mencari variasi yang lebih elegan dan tahan lama, kamu dapat memilih plastik dengan desain yang lebih eksklusif.

Contoh produk yang menggunakan simbol ini antara lain wadah makanan/minuman, botol sirup, kotak yogurt, sedotan plastik, selotip, dan tali plastik.

Meskipun penggunaannya berulang kali, plastik PP ini sulit didaur ulang. Oleh karena itu, bijaksanalah untuk mengurangi penggunaan plastik jika memungkinkan.

Jenis kode plastik. Source: Recyclopedia.sg

Sekarang kamu sudah tau 4 jenis plastik yang aman digunakan. Namun, ada yang memang baiknya dipakai sekali, ada juga yang bisa berulang kali. Jadi, jangan sampai salah lagi ya!

Selain macam-macam plastik tadi, ada 3 kode yang memang mengandung bahan beracun sehingga tidak cocok sebagai kemasan makanan. Tiga kode plastik tersebut yaitu kode 3, 6, dan 7. Berikut penjelasanannya.

  • Kode 3 yaitu plastik yang berasal dari polyvinyl chloride. Contohnya plastik untuk pipa air, kabel listrik, ubin, dan wrapping.
  • Plastik dengan kode angka 6 berasal dari bahan polystyrene. Plastik ini mengeluarkan styrene (zat karsinogen penyebab kanker) sehingga tidak aman.
  • Kode 7 merupakan kode other yaitu plastik yang tidak termasuk 1-6 jenis tadi. Contoh plastik other yaitu plastik untuk botol minum bayi, case iPod, dan Compact Disk (CD). 

Pastikan sebelum membeli kemasan plastik untuk wadah makanan, baca dahulu kodenya, ya. Jangan sampai macam plastik yang kamu beli mengandung zat berbahaya.

Inspirasi Souvenir dari Plastik dan Alternatifnya

Setelah mengetahui jenis-jenis plastik, apakah kamu tertarik membuat souvenir dari bahan ini? Bahan plastik memang menjadi bahan dasar bagi pembuatan sejumlah souvenir.

Selain murah, bahan plastik juga bertahan lebih lama asalkan jenis plastiknya aman. Tidak heran banyak perusahaan memilih souvenir dari bahan plastik. Sebagai inspirasi souvenir, berikut ide souvenir dari plastik yang patut kamu pertimbangkan beserta alternatifnya.

1. Tumbler Stainless

souvenir tumbler minum plastik dengan insert paper sebagai bahan jual souvenir promosi

Tumbler sekarang menjadi souvenir favorit untuk berbagai acara. Apalagi terdapat opsi tumbler Calista custom dari SOUVIA yang bisa kamu sesuaikan desainnya. Sifatnya yang dapat digunakan berulang membuat tumbler sebagai pilihan souvenir ramah lingkungan.

Souvenir ini cocok untuk diberikan ketika acara konteks atau workshop berbayar. Selain sebagai souvenir yang berkesan, tumbler juga berfungsi untuk mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai. 

Penggunaannya sangat praktis untuk sehari-hari. Tentu saja para peserta yang mendapatkan souvenir ini berpotensi terus mengingat merek bisnismu.

2. Botol Infused Water

souvenir perusahaan tumbler sport dengan carabiner

Selain tumbler stainless, ada juga botol infused water yang bisa menjadi souvenir. Botol infused water yang terbuat dari plastik memiliki keunggulan dalam hal ketahanan terhadap benturan dan bobotnya yang ringan. 

Jenis botol plastik dapat digunakan sebagai wadah untuk minuman infused water tanpa masalah. Tidak ada aturan yang secara tegas mengharuskanmu menggunakan botol khusus untuk membuat infused water

Meskipun begitu, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mengambil keputusan membeli botol plastik infused water

Pastikan botol plastik tersebut bebas dari BPA (Bisphenol-A). Nah informasi mengenai hal ini biasanya tertera pada botol atau kemasan dengan label “BPA-free.”

Pada akhirnya botol infused water menjadi pilihan souvenir yang menarik. Jangan lupa tambahkan logo sesuai acara atau konsep promosi yang kamu rencanakan. 

3. Cutlery Set

Sebagai aternatif souvenir dari plastik lainnya, kamu dapat mempertimbangkan peralatan makan. Ide souvenir ini membantu mengurangi penggunaan sendok atau sedotan sekali pakai. 

Kamu memiliki beragam pilihan peralatan makan seperti sendok, sumpit, garpu, pisau, atau sedotan. Nah, semua peralatan tersebut kamu kemas dalam satu set sehingga praktis dan lengkap.

Untuk menjaga keawetan peralatan makan dalam jangka panjang, sebaiknya memilih produk yang terbuat dari stainless steel atau tipe plastik. Itulah sebabnya penting memilih vendor yang menyediakan souvenir berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau.

4. Gantungan Kunci

Botol plastik memiliki potensi untuk diubah menjadi gantungan kunci yang memiliki keunikan tersendiri. Pilihan souvenir ini terbuat dari potongan botol plastik, lalu dibentuk  seperti bunga atau hati, kemudian dilengkapi dengan gantungan kunci di bagian atasnya. 

Gantungan kunci ini dapat berbentuk cincin atau pengait kecil. Untuk memberikan sentuhan ekstra, kamu tambahkan hiasan seperti stiker atau cat pada bagian plastiknya. Nah, itulah ide sederhana untuk membuat gantungan kunci dari plastik.

Namun, kamu tidak perlu repot. Pasalnya, saat ini tersedia souvenir desain terbaru SOUVIA yang memberikan banyak pilihan. Happy banget bisa pilih-pilih gantungan kunci menarik untuk souvenir acaramu, kan?


SOUVIA menyediakan berbagai produk souvenir yang cocok untuk acara kantor, seminar, workshop, atau sebagai hadiah bagi karyawan. Menariknya lagi, souvenir tersebut dapat kamu kostumisasi sesuai keinginan.

Pada setiap pembelian souvenir, kamu sudah mendapatkan pemasangan logo bisnis tanpa biaya tambahan. Kami memberikan layanan pemasangan logo gratis pada setiap produk yang kamu pesan. Tujuannya demi mendukung branding perusahaanmu.

Jadi, sudah tahu souvenir jenis plastik atau souvenir lain mana yang ingin kamu pesan? Pastikan untuk hubungi sales eksekutif SOUVIA agar segera kami proses produk berkualitas untukmu!

BACA INSPIRASI LAINNYA: