proposal seminar

Contoh Seminar Proposal sebagai Referensi Mahasiswa

Posted on

Contoh seminar proposal kerap dibutuhkan bagi mahasiswa yang akan menempuh mata kuliah ini. Di mana mahasiswa memang dituntut untuk memiliki konsep secara matang untuk melangkah ke jenjang skripsi.

Seminar proposal dilakukan untuk mempresentasikan hasil pepemikiran mengenai rencana skripsi yang akan dijalankan. Bisa dibilang seminar proposal merupakan langkah awal dari penyusunan skripsi nan panjang.

Contoh Seminar Proposal

Mengutip dari laman eprints.ums.ac.id, berikut adalah contoh seminar proposal yang bisa dijadikan sebagai acuan dalam menyusunnya: 

Judul: PENGARUH GAYA HIDUP KONSUMEN DAN KEMAJUAN TEKNOLOGI TERHADAP HASIL PENJUALAN IPHONE DI TOKO Teknologi Bahagia 

Penulis: YOUHANA (FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PEMAJU BANGSA 2014)

A. Latar Belakang Masalah

Pada tahun 2008, para pengguna telepon genggam hanya menggunakan internet untuk membuka jejaring sosial, seperti Facebook, Friendster, dan lain sebagainya. Selain itu, para pengguna telepon genggam juga membuka mesin pencari seperti Google untuk mencari tahu tentang berbagai hal. 

Namun, seiring perkembangan gaya hidup, kebutuhan para pengguna telepon genggam bertambah. Internet tidak hanya dipakai untuk mencari tahu berbagai hal di Google dan membuka jejaring sosial, tetapi juga untuk chatting sebagai pengganti SMS. Chatting melalui jaringan internet memiliki banyak kelebihan, di antaranya: lebih hemat pulsa, lebih cepat daripada SMS, dan dilengkapi berbagai fitur menarik, seperti stiker-stiker lucu.   

Perkembangan pasar telpon genggam terus meningkat dengan pesat. Mulai dari pengembangan fitur multimedia hingga penambahan koneksi internet yang cepat. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi para pengguna telepon genggam masa kini.  

B. Tujuan Penelitian

1. Mengetahui pengaruh gaya hidup konsumen terhadap hasil penjualan iPhone. 

2. Mengetahui pengaruh kemajuan teknologi terhadap hasil penjualan iPhone.

TINJAUAN PUSTAKA

A. Landasan Teori

1. Gaya Hidup

Menurut John C. Mowen dan Michael Minor (2001) “Gaya Hidup atau Lifestyle didefinisikan secara sederhana sebagai bagaimana seseorang hidup.” 

2. Teknologi

Teknologi adalah satu ciri yang mendefiniskan hakikat manusia yaitu bagian dari sejarahnya meliputi keseluruhan sejarah. Teknologi, menurut Djoyohadikusumo (1994) berkaitan erat dengan sains dan perekayasaa.

B. Hipotesis

1. Diduga variabel gaya hidup konsumen berpengaruh terhadap hasil penjualan iPhone di Toko Teknologi Bahagia. 

2. Diduga kemajuan teknologi mempengaruhi hasil penjualan iPhone di Toko Teknologi Bahagia. 

METODE PENELITIAN

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei, yaitu penelitian dengan menganalisa angka-angka yang diperoleh dari hasil survei dalam bentuk penyebaran kuesioner kepada sampel penelitian. 

KESIMPULAN DAN SARAN

Berdasarkan hasil analisi uji t, diperoleh bahwa variabel gaya hidup konsumen secara signifikan dan positif berpengaruh terhadap hasil penjualan iPhone. Sementara variabel kemajuan teknologi secara signifikan tidak berpengaruh pada hasil penjualan iPhone.

Dari hasil penelitian, analisis data, pembahasan dan kesimpulan yang telah diambil, maka dalam penelitian selanjutnya, peneliti disarankan untuk menambahkan variabel selain kemajuan teknologi, yang dapat mempengaruhi hasil penjualan secara signifikan. 

Setelah bagian kesimpulan dan saran, mahasiswa juga perlu menambahkan bagian daftar pustaka sebagai bukti acuan dalam penulisan proposal.  

Itulah contoh seminar proposal yang dapat dijadikan sebagai referensi. Pada dasarnya seminar proposal terdiri dari judul, abstrak, latar belakang, tujuan, tinjauan masalah, hipotesis, metodologi penelitian, kesimpulan dan saran, serta daftar pustaka.