Apakah kamu pernah mendapatkan cinderamata atau merchandise dari sebuah acara? Siapa, sih, yang tidak senang saat mendapat barang-barang gratis. Tentunya kamu juga senang, kan? Namun sebenarnya, apa itu merchandise?
Merchandise sering digunakan oleh suatu brand atau kelembagaan sebagai media promosi agar lebih diingat dan dikenali oleh customer atau rekan bisnis.
Ternyata, ya, merchandise tak hanya berfungsi sebagai media promosi saja. Masih ada banyak fungsi merchandise untuk kepentingan bisnis.
Agar lebih jelas, simak penjelasan definisi, fungsi, dan contoh merchandise berikut. Apakah merchandise sama dengan souvenir?
Definisi Merchandise dan Perbedaan dengan Souvenir
Apa itu merchandise? Apakah sama dengan apa itu souvenir? Ternyata, merchandise dan souvenir adalah dua barang yang berbeda, lho! Keduanya memiliki perbedaan di beberapa aspek.
Perbedaan antara souvenir dan merchandise terletak pada definisi, fungsi, produk, tampilan, serta harga. Agar semakin paham, ketahui perbedaan souvenir dan merchandise terlebih dahulu.
Pengertian Merchandise
Lalu, apa itu merchandise? Merchandise merupakan produk yang digunakan untuk kebutuhan promosi perusahaan, brand, atau kelembagaan.
Merchandise sering diberikan di berbagai kesempatan atau acara sebagai cenderamata atau kenang-kenangan.
Dalam perusahaan, merchandise bermanfaat contohnya seperti sleeve case laptop menjadi bagian dari perencanaan dan pengendalian dalam marketing atau penjualan suatu produk agar sesuai dengan target yang ditetapkan pemilik brand.
Hampir sama dengan souvenir, merchandise juga menampilkan logo perusahaan agar terlihat oleh konsumen, sehingga brand semakin dikenal oleh masyarakat luas.
Fungsi dan Manfaat Merchandise
Menjadi bagian dari perencanaan penjualan perusahaan, merchandise memiliki berbagai fungsi penting dalam strategi sebuah brand. Selain sebagai ajang promosi, merchandise juga memiliki fungsi lain, lho. Berikut fungsi dari merchandise:
1. Merchandise sebagai media branding dan promosi
Merchandise sebagai media promosi biasanya berbentuk produk atau barang yang bermanfaat dan dapat digunakan sehari-hari.
Selain itu, produk atau barang yang dijadikan merchandise terdapat logo atau brand. Oleh sebab itu, dapat digunakan sebagai media promosi untuk menarik perhatian konsumen.
Merchandise juga bisa diberikan saat sedang memperkenalkan produk atau hadiah untuk konsumen dan khalayak.
Merchandise yang menarik dan bermanfaat akan membuka hubungan dengan calon konsumen.
2. Meningkatkan brand awareness
Merchandise dengan logo atau brand dapat membantu meningkatkan kesadaran merek atau brand awareness pada masyarakat luas
Pasalnya, saat konsumen atau penerima merchandise menggunakan produk tersebut, itu sama halnya dengan iklan berjalan.
Orang lain yang berada di sekitar akan tertarik dan mencoba mencari tahu brand atau logo yang ada di merchandise tersebut.
3. Merchandise untuk meningkatkan eksistensi kelembagaan atau brand
Eksistensi sangat penting bagi kelembagaan atau brand agar bisa bertahan dan mendapat kepercayaan publik.
Dengan adanya merchandise yang menampilkan logo atau brand, diharapkan masyarakat dapat mengingat dan mengenali gambar atau tulisan yang ada di pada barang tersebut.
4. Memperluas jaringan bisnis
Membagikan merchandise, seperti buku agenda atau tumbler minum, saat menghadiri acara jaringan atau konferensi bisnis sangat membantu untuk membuka percakapan kepada peserta lain.
Tak hanya itu, merchandise juga sangat cocok sebagai sarana memperluas jaringan bisnis perusahaan. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk membuat merchandise menarik dengan logo dari brand atau lembaga.
5. Merchandise berfungsi sebagai bentuk ucapan terima kasih
Apresiasi sangat penting dalam menjaga hubungan dengan orang sekitar, khususnya dalam bisnis. Oleh sebab itu, memberikan merchandise kepada mitra hingga karyawan akan berdampak positif bagi perusahaan.
Penerima akan merasa dihargai dan akan memperpanjang hubungan positif dengan pihak-pihak sekitar perusahaan.
6. Menjadi pembeda dengan kompetitor
Salah satu fungsi merchandise adalah sebagai pembeda antara satu brand dengan brand kompetitor. Brand dapat memberikan merchandise kepada konsumen, sehingga mereka akan sangat menghargai, mengingat, serta mengenali brand kita.
Selain itu, mereka dapat dengan mudah mencirikan brand dengan brand lain yang tidak memberikan merchandise.
Contoh-Contoh Merchandise
Setelah mengetahui arti dan fungsi merchandise, sekarang saatnya mengenali contoh-contoh merchandise. Banyak barang yang bisa dijadikan sebagai merchandise, namun penting untuk memilih merchandise yang relevan dengan brand atau kelembagaan kita.
Pemilik brand harus berpikir dengan baik agar fungsi merchandise sebagai media branding dan promosi dapat berjalan sesuai target.
Berikut ini contoh merchandise yang bisa kamu pilih.
1. Kaos dan hoodie
Kaos dan hoodie merupakan produk apparel SOUVIA yang populer digunakan sebagai merchandise. Permukaannya yang luas serta fungsional, sangat membantu brand dan kelembagaan semakin dikenal.
Kaos dan hoodie bisa digunakan sebagai merchandise untuk semua usia, tua dan muda. Tambahkan desain kekinian maka merchandise akan menjadi produk favorit penerima!
2. Topi
Merchandise berupa topi sudah tidak asing di dunia olahraga. Selain melindungi kepala, topi sering digunakan sebagai aksesoris penyempurna fashion.
Selain itu, logo atau brand bisa ditampilkan di permukaan sesuai dengan kebutuhan.
3. Tote bag
Tote bag kini semakin populer digunakan sehari-hari. Tidak hanya digunakan oleh wanita, tote bag juga bisa digunakan oleh pria.
Selain bisa untuk menyimpan dan membawa kebutuhan pribadi, tote bag juga bisa digunakan sebagai tas belanja yang bisa dibawa bepergian.
Logo atau brand yang tertera di permukaan tote bag akan mudah dilihat oleh orang banyak.
4. Pulpen
Alat tulis satu ini juga sering digunakan sebagai media promosi atau branding hotel atau perusahaan saat mengadakan acara.
Selain fungsinya yang jelas, pulpen juga mampu menampilkan logo atau brand yang mudah terlihat. Berkat ukurannya yang relatif kecil, merchandise pulpen juga bisa mudah dibawa serta digunakan di kantor dan di rumah.
5. Buku agenda
Buku agenda masih menjadi salah satu merchandise favorit yang digunakan saat rapat maupun menghadiri acara.
Jika tertarik menggunakan merchandise jenis ini, sebaiknya pilih buku agenda yang memilliki cover dan isi terpisah agar bisa digunakan terus walau lembaran kertas habis.
6. Mug dan tumbler
Mug dan tumbler dengan bentuk cantik dan kekinian bisa menjadi merchandise kesayangan. Jangan lupa juga untuk menambahkan logo atau brand pada merchandise, ya. Baik mug dan tumbler, keduanya bisa digunakan sehari-hari.
Tumbler bisa dibawa bepergian dan membuat semakin banyak orang akan aware dengan logo atau brand yang ada pada merchandise.
7. Payung
Payung masih menjadi favorit merchandise karena sangat berguna saat musim hujan maupun kemarau.
Pastikan menggunakan produk payung yang berkualitas agar tahan lama dan semakin banyak yang melihat brand atau logo di permukaan payung.
8. Kalender
Kalender selalu menjadi merchandise andalan menjelang akhir tahun. Selain memiliki berbagai bentuk, fungsi kalender juga tidak tergantikan. Mulai dari mencatat deadline tugas penting hingga pengingat hari ulang tahun teman satu team.
Pastikan perusahaan atau kelembagaan menjadi pihak pertama yang memberikan kalender kepada orang – orang istimewa agar digunakan hingga satu tahun.
9. Gawai
Ingin sesuatu yang berbeda? Gunakan gawai sebagai merchandise untuk menarik perhatian dan menjalin hubungan baik dengan mitra.
Merchandise gawai seperti USB, TWS, atau speaker bluetooth JBL akan sangat berguna bagi penerima.
Kesimpulan
Jadi, apa itu merchandise? Merchandise merupakan produk yang digunakan sebagai media promosi perusahaan, brand, atau kelembagaan untuk meningkatkan eksistensi dan memperluas jaringan agar target penjualan tercapai.
Alat tulis, gawai, produk apparel, payung, dan tumbler merupakan produk yang bisa digunakan sebagai merchandise.
Merchandise yang dipilih harus sesuai dengan target pasar, anggaran, dan juga kebutuhan agar tujuan utama terpenuhi.
Sebaiknya pilih penyedia yang menawarkan merchandise ready stock sehingga bisa diproduksi dadakan. Pilihlah jenis merchandise produk terbaru serta cetak logo brand agar dapat menarik perhatian konsumen.
Penting untuk merancang merchandise jauh-jauh hari agar menghasilkan media promosi yang menarik dan berkualitas, sehingga banyak orang ingin menggunakan dan merekomendasikan brand kepada orang lain.
Sales eksekutif SOUVIA siap membantu perusahaan dan kelembagaan untuk mendapatkan merchandise yang diinginkan.
CEK INSPIRASI LAINNYA:
- 3 Cara Memilih Merchandise Acara Pemerintah, Kenali dan Pastikan Merchandise Berkualitas dan Tahan Lama
- 5 Tips Memilih Merchandise Hadiah Perusahaan, Pastikan Penyedia Souvenir Miliki Semua Ini
- 5 Manfaat Merchandise Pemilu, Sosialisasikan Aturan KPU dan Visi Misi Partai untuk Tingkatkan Pemilih
Butuh Souvenir ? Lihat Penawaran dari Souvia
FAST RESPOND
Chat WA Anda pasti dibalas kurang dari 1 menit. Silahkan chat WA kompetitor kami, dan bandingkan 😉