apa itu gift

Apa Itu Gift? Ini Pengertian dan Tujuannya

Posted on

Apa itu gift? Gift atau hadiah adalah sesuatu yang diberikan untuk seseorang dengan sepenuh hati tanpa mengharapkan imbalan. Gift biasanya diberikan sebagai ucapan selamat atau peringatan hari spesial.

Mengutip situs marketbusinessnews.com, gift dapat berupa barang berwujud maupun barang tak berwujud. Barang berwujud seperti aksesoris, make up, sepatu, dan tas. Sedangkan barang tak berwujud seperti penghargaan dan waktu liburan.

Apa Itu Gift?

Mengetahui apa itu gift penting sebelum memberikan sesuatu kepada seseorang. Meskipun pemberian gift adalah hal yang umum, tetapi setiap gift memiliki makna berbeda yang diwujudkan dalam bentuk siapa penerimanya, perbedaan barang yang diberikan, atau cara penyampaiannya.

Dalam bahasa inggris, kata “gift” sendiri memiliki berbagai makna, yaitu: pemberian, kado, hadiah. Kata ini juga merujuk pada sesuatu yang dibawa sebagai bentuk perhatian atau penghargaan. Sederhananya, pengertian gift adalah hadiah.  

Terdapat dua subjek utama dalam aktivitas gift-giving, yaitu pemberi dan penerima. Namun, terdapat faktor lain yang tak kalah penting, yaitu proses gift-giving. Proses pemberian gift dapat menunjukkan ketulusan hati.

Gift tidak hanya memiliki nilai material, tetapi juga memiliki makna simbolis. Gift dapat melambangkan kasih sayang, ungkapan terima kasih, pengorbanan, dan niat baik. Oleh sebab itu, nilai sebuah gift tidak dapat diukur hanya dengan harganya.

Gift dapat berfungsi untuk memperkuat hubungan sosial dalam masyarakat. Selain itu, gift juga digunakan sebagai pembentuk identitas dan sebagai penanda social presence dan identitas diri.

Beberapa kepentingan yang sering menjadi dasar seseorang dalam memberikan gift adalah perayaan keagamaan, ulang tahun, anniversary, perayaan kebudayaan, kenaikan kelas, wisuda, dan lain sebagainya.

Tujuan Pemberian Gift

Tujuan pemberian gift dapat beragam bergantung pada konteks sosial, budaya, dan nilai pemberiannya. Berikut adalah tujuan pemberian gift.

1. Memperkuat Hubungan Sosial

Gift dapat dijadikan sebagai bentuk perhatian dan kepedulian dari pemberi ke penerima. Hal ini akan menyebabkan hubungan kedua belah pihak semakin baik.

2. Sebagai Bentuk Penghargaan dan Perayaan

Gift sering diberikan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan atas pencapaian yang telah diperoleh penerima. Misalnya apresiasi telah memenangkan olimpiade atau penghargaan telah menyelesaikan studi.

3. Memperkuat Status Sosial

Dalam beberapa budaya, pemberian gift dapat menunjukkan status sosial atau identitas pribadi, baik pemberi maupun penerima. Misalnya ketika perayaan keagamaan, pemberian gift dapat sebagai simbol kehormatan.

4. Menunjukkan Ketulusan

Pemberi gift sering kali memilih barang sesuai dengan kepribadian atau minat penerima. Selain itu, bagaimana proses pemberian gift dapat menunjukkan ketulusan hati. Penerima akan tersentuh dengan cara dan usaha yang dilakukan pemberi gift

Demikianlah pembahasan seputar apa itu gift dan tujuan pemberiannya. Pastikan untuk memilih gift yang sesuai dengan konteks acara, sehingga dapat menyentuh hati penerimanya.