apa itu cinderamata

Apa Itu Cinderamata? Ini Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Posted on

Apa itu cinderamata? Cinderamata merupakan suatu hal penting yang menjadi bagian dari pengalaman untuk mengingat momen berharga dalam hidup. Selain itu, cinderamata juga dapat menjadi simbol budaya dan tradisi. 

Mengutip dari jurnal Rekursif, Aryani, dkk (2019:70), cinderamata merupakan suatu barang yang dibawa oleh seorang wisatawan untuk mengenang daerah atau tempat yang telah dikunjungi.

Apa Itu Cinderamata?

Memahami apa itu cinderamata sangat penting agar dapat merepresentasikan nilai budayanya. Definisi cinderamata adalah benda yang diberikan kepada seseorang sebagai sebuah kenangan. 

Cinderamata biasanya diberikan oleh lembaga atau instansi dan menjadi ciri khasnya. Cinderamata diberikan kepada pengunjung sebagai kenang-kenangan tanpa memperhatikan hari spesial.

Cinderamata dapat menghubungkan pemiliknya dengan peristiwa, tempat, dan pengalaman yang pernah ia kunjungi. Adanya cinderamata ini dapat membuat pemiliknya merasakan emosi dan kenangan tentang momen tersebut.

Fungsi Cinderamata

Cinderamata memiliki makna mendalam bagi pemiliknya. Barang ini menyimpan cerita yang membantu untuk mengingat setiap momen yang telah dilalui. Berikut adalah beberapa fungsi cinderamata.

1. Kenangan Berharga

Cinderamata adalah cara efektif untuk mengingat perjalanan yang telah dilakukan. Ketika mengunjungi suatu tempat, cinderamata dapat mengingatkan pemiliknya terhadap suasana dan emosi tempat tersebut. 

2. Ciri Khas dan Budaya

Ketika mengunjungi sebuah tempat seperti lembaga, mereka telah menyiapkan cinderamata yang khas dan memiliki unsur budaya. Misalnya, plakat yang berisi nama dan gambar tempat tersebut.

3. Media Promosi 

Seseorang yang menerima cinderamata yang bagus akan cenderung memperlihatkan itu kepada teman-temannya. Secara tidak langsung, cinderamata dapat menjadi media promosi yang efektif bagi suatu tempat atau lembaga. 

4. Memperluas Networking

Cinderamata dapat mempererat hubungan personal maupun profesional. Penerima cinderamata akan terkesan dan merasa spesial sehingga hubungan di antara kedua belah pihak semakin baik. 

Contoh Cinderamata

Cinderamata dapat terdiri dari beragam barang yang mewakili tempat tersebut. Berikut adalah beberapa barang yang dapat dijadikan sebagai cinderamata.

1. Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan dapat mewakili keterampilan, tradisi, dan budaya suatu tempat. Oleh sebab itu, barang ini dapat dijadikan cinderamata yang menarik, misalnya patung, gerabah, dan kain tenun. 

2. Produk Khas

Selain kerajinan tangan, cinderamata biasanya juga merupakan produk unggulan dari suatu wilayah misalnya kopi, makanan khas, dan minuman tradisional. Produk ini sangat sering dijumpai sebagai cinderamata karena memiliki manfaat yang besar.

3. Barang Komersial

Cinderamata juga dapat berupa produk modern seperti gantungan kunci, kaos, mug, dan tote bag. Barang-barang ini umumnya dibuat dalam jumlah besar dan menampilkan desain atau elemen yang mencerminkan lokasi atau wilayah tertentu. 

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu cinderamata, bentuk, dan fungsinya. Dengan berbagai fungsi tersebut, cinderamata menjadi barang berharga yang perlu disimpan dengan baik.