acara formal adalah

Acara Formal adalah Acara Resmi, Inilah Penjelasannya

Posted on

Acara formal adalah acara yang memiliki aturan dan tata cara yang lebih ketat dibandingkan dengan acara informal. Ciri khasnya yaitu adanya susunan acara yang jelas penggunaan bahasa yang sopan, dan juga adanya dress code yang spesifik. Acara ini seringkali diadakan dengan tujuan penting seperti pelantikan, seminar, perayaan, ataupun konferensi. 

Acara formal biasanya melibatkan sejumlah tamu undangan yang telah ditentukan, serta mempunyai aturan yang harus diikuti. Berbeda dengan acara non formal yang lebih santai dan tidak memiliki aturan baku. Tak jarang acara formal disusun oleh penyelenggara acara yang sudah berpengalaman.

Acara Formal adalah Acara yang Tertib dan Teratur

Acara formal adalah acara yang tertib, teratur, dan biasanya suasananya akan serius. Acara ini melibatkan berbagai tahap persiapan, mulai dari susunan acara, dress code yang sesuai dengan tema acara, hingga beberapa peraturan yang harus diikuti. Bagi Anda yang memperoleh undangan untuk acara formal, beberapa hal berikut harus diperhatikan:

1. Baca Undangan dengan Teliti

Saat sebuah acara formal diselenggarakan, biasanya para tamu akan mendapatkan undangan. Bacalah undangan tersebut dengan teliti agar dapat mengetahui jalannya acara tersebut, seperti di mana acara tersebut diselenggarakan, jam berapa dimulai, hingga aturan dan gaya berpakaian.

2. Pilih Pakaian atau Dress Code dengan Aksesoris yang Tepat

Pakaian menjadi salah satu hal yang penting, terutama saat menghadiri acara formal. Pakaian dapat merepresentasikan diri seseorang, untuk itu pakailah pakaian yang nyaman dan sesuai dengan karakter diri. Padu padankan dengan aksesoris yang serasi, seperti jam tangan klasik, atau modern handbag. Pilihlah yang sederhana namun tidak terkesan berlebihan.

3. Tata Rambut dan Hijab untuk Menunjang Penampilan

Jangan lewatkan penataan rambut dan hijab (bagi yang memakainya) saat menghadiri acara formal. Para pria dapat dengan menggunakan hair spray atau gel rambut agar terkesan lebih rapi. 

Sementara bagi para wanita, pilihlah jenis tatanan rambut yang sesuai dengan pakaian dan aksesoris yang dikenakan. Bagi wanita berhijab, kenakanlah hijab yang nyaman dan tidak meninggalkan kesan berlebihan. 

4. Pakai Riasan

Riasan menjadi salah satu hal yang penting saat menghadiri suatu acara, baik acara formal maupun informal atau casual terutama bagi wanita. Pastikan untuk memakai riasan makeup yang sesuai dengan tema acara dan pilihlah gaya yang paling nyaman.

5. Perhatikan Table Manner dan Etika

Tak hanya penampilan yang perlu diperhatikan saat menghadiri acara formal, tetapi juga perilaku sangat penting untuk dijaga. Setidaknya setiap orang perlu mengetahui table manner yang baik saat di meja makan, terutama penggunaan alat makan.

Interaksi dengan tamu lain juga menjadi hal yang penting, jangan menggunakan suara yang keras dan mengganggu. Gunakanlah tata bahasa yang sopan dan bersikaplah seprofesional mungkin.

Acara formal adalah acara yang berbeda dengan acara informal yang santai. Ciri khasnya yaitu adanya susunan acara yang jelas, penggunaan tata bahasa yang sopan, dan juga dress code yang spesifik.