teks mc penutupan acara formal

4 Contoh Teks MC Penutupan Acara Formal

Posted on

Teks MC penutupan acara formal biasanya sudah disiapkan oleh panitia acara jauh hari sebelumnya. Umumnya MC akan menambahkan beberapa poin dalam teks penutupan acara sebagai kata perpisahan.

Mengutip buku Komunikasi Dalam Public Speaking, Lanny Ciciliawaty (2021: 37), MC harus memahami acara yang akan berlangsung, salah satu caranya adalah dengan membaca teks MC. 

Selain harus memiliki public speaking yang baik, MC juga harus mampu menguasai keseluruhan teks MC untuk mengurangi kegugupan. Bahkan beberapa MC akan berusaha menghafalkan teks sebelum acara dimulai.

Contoh Teks MC Penutupan Acara Formal

Penutupan acara adalah momen penting yang ada di penghujung acara. Berikut adalah beberapa contoh teks MC penutupan acara formal yang dapat dijadikan sebagai referensi.

1. Teks MC Penutupan Acara 1

Hadirin sekalian, tak terasa kita sudah sampai di penghujung acara (nama acara). Semoga acara hari ini dapat memberikan kesan baik dan menambah wawasan kita semua. 

Saya selaku MC mewakili keseluruhan panitia mengucapkan terima kasih kepada (pengisi acara) dan para hadirin sekalian. Saya juga mohon maaf apabila ada ucapan dan perbuatan yang kurang berkenan. Akhir kata, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.   

2. Teks MC Penutupan Acara 2

Hadirin yang berbahagia, kini kita telah mengikuti serangkaian acara yang sangat menyenangkan. Sebelum mengakhiri acara pada hari ini, alangkah baiknya kita mengucapkan hamdalah bersama-sama.

Hadirin sekalian, sebelum meninggalkan tempat diimbau untuk mengambil souvenir di meja yang telah disediakan. Akhir kata, saya selaku Master of Ceremony mohon maaf atas kekurangan selama memimpin acara dan hati-hati di jalan. 

3. Teks MC Penutupan Acara 3

Tak terasa kita sudah sampai di ujung acara yang meriah ini. Selaku MC, saya (menyebutkan nama) mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan dan peserta. Saya juga mohon maaf sebesar-besarnya jika sekiranya ada salah kata dan perbuatan yang kurang berkenan di hati.

Diimbau kepada seluruh peserta untuk tetap tertib ketika keluar dari ruangan dan tidak berdesak-desakan. Perhatikan juga barang bawaan supaya tidak tertinggal. Akhir kata, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

4. Teks MC Penutupan Acara 4

Bapak, Ibu, dan teman-teman sekalian, sekarang kita telah sampai di penghujung acara. Semoga acara pada hari ini dapat menambah ilmu baru untuk kita semuanya. 

Saya mengucapkan terima kasih atas partisipasi semuanya dan mohon maaf atas kesalahan baik yang disengaja maupun tidak. Semoga kita dipertemukan kembali di acara baru dalam keadaan sehat walafiat. 

Diimbau seluruh hadirin untuk mengisi presensi terlebih dahulu di meja sebelah pintu keluar dan tetap menjaga ketertiban.

Demikianlah beberapa contoh teks MC penutupan acara formal. Teks tersebut dapat diterapkan di berbagai acara seperti webinar, class meeting, dan berbagai macam acara lainnya.