contoh pembukaan acara

4 Contoh Pembukaan Acara Formal, Semiformal, dan Nonformal

Posted on

Sebelum memasuki acara inti, seorang MC harus mengucapkan kata pembuka dan sapaan kepada seluruh audiens. Mempelajari contoh pembukaan acara adalah salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan seorang MC.

Mengutip Buku Ajar Public Speaking, Nina Siti Salmaniah Siregar dan Ilma Saakinah Tamil, (2022: 44), pembukaan acara memiliki tujuan untuk mencairkan suasana, membawa audiens memasuki serangkaian acara inti. Oleh sebab itu, seorang MC harus dapat membaca dan menempatkan diri dalam sebuah acara.

Contoh Pembukaan Acara

Bagi yang masih bingung untuk membuat pembukaan acara. Berikut adalah beberapa contoh pembukaan acara yang menarik dan dapat dipelajari.

Pembukaan Acara 1 (Formal)  

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Om swastiastu, Namo buddhaya, salam kebajikan, dan salam sejahtera untuk semuanya.  

Selamat pagi! Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karunianya kita dapat menghadiri acara (nama acara) dalam keadaan sehat walafiat.

Perkenalkan saya (nama MC) selaku Master of Ceremony akan memandu jalannya serangkaian acara pada hari ini. Sebelum memasuki acara inti, saya akan membacakan susunan acara pada hari ini (membacakan susunan acara). 

Pembukaan Acara 2 (Semiformal)

Halo, Semuanya! Selamat pagi!   

Pada hari yang berbahagia ini, kita berkumpul dalam satu acara yaitu (nama acara) untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Jadi kepada seluruh hadirin, diimbau untuk tetap tertib selama acara berlangsung.

Saya selaku MC pada hari ini akan menemani kalian semua dalam acara yang meriah ini. Baiklah, sebelum memulai acara, alangkah baiknya jika kita mengucapkan basmalah bersama-sama.  

Pembukaan Acara 3 (Formal)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Selamat pagi saya ucapkan kepada seluruh hadirin tamu undangan yang sudah menyempatkan waktunya untuk ikut berpartisipasi dalam acara (nama acara). Para hadirin sekalian, sebagai MC, saya akan memandu anda melalui serangkaian acara yang menarik.

Sebelum memasuki acara inti, marilah kita mulai acara ini dengan berdoa terlebih dahulu agar acara hari ini dapat memberikan manfaat dan berjalan dengan lancar tanpa ada kendala apapun. Berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing, berdoa dipersilakan.

Pembukaan Acara 4 (Nonformal)

Selamat pagi, Semuanya!

Sebelumnya, ada pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang. Maka dari itu, perkenalkan saya (nama MC) selaku Master of Ceremony dalam acara (nama acara).

Sebelum kita memulai acara pada pagi hari ini, saya ucapkan selamat datang kepada seluruh peserta yang tergabung untuk memeriahkan acara ini. Gimana kabarnya? Semoga kita selalu diberikan kesehatan ya.

Sebelum kita memulai acara pada pagi hari ini, marilah kita berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing, berdoa dipersilakan. 

Demikianlah contoh pembukaan acara yang dapat dijadikan referensi. Contoh teks di atas dapat diterapkan untuk berbagai acara baik acara formal, semiformal, maupun nonformal.