teks penutupan acara

3 Teks Penutupan Acara dan Cara Membuatnya

Posted on

Teks penutupan acara memiliki peran penting dalam memberikan kesan yang mendalam dan dapat menciptakan apresiasi tinggi bagi para hadirin.

Dengan teks penutupan yang tepat, penyelenggara acara dapat memastikan bahwa audiens meninggalkan acara dengan perasaan positif. Selain itu dapat menjadi kesempatan sebagai  momen untuk mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan memastikan bahwa acara berlangsung dengan sukses. 

Cara Membuat Teks Penutupan Acara 

Teks penutupan acara sebaiknya disusun singkat dan padat. Hindari membuat penutupan yang terlalu panjang dan bertele-tele. Cukup fokus pada poin-poin utama yang perlu disampaikan. Berikut adalah cara membuat teks penutupan acara.  

1. Sampaikan Terima Kasih 

Ucapan terima kasih adalah bagian penting dari teks penutupan acara. Pastikan untuk mengapresiasi semua pihak yang telah terlibat, mulai dari tamu undangan, peserta, pembicara, sponsor, hingga panitia yang bekerja keras. 

2. Merangkum Inti Acara

 Berikan rangkuman singkat mengenai acara yang telah berlangsung. Ini bisa berupa ringkasan materi yang telah disampaikan atau hasil dari kegiatan yang dilakukan. Rangkuman ini bertujuan untuk mengingatkan kembali audiens tentang hal-hal penting dari acara. 

3. Berikan Harapan atau Ajakan 

Pada bagian akhir teks penutupan, hal yang bisa dilakukan adalah memberikan harapan positif atau ajakan kepada audiens. 

4. Akhiri dengan Pesan yang Menginspirasi

Tutup acara dengan pesan yang kuat dan menginspirasi. Pesan ini bisa berupa kutipan yang relevan dengan tema acara atau ungkapan yang memotivasi audiens untuk bertindak atau berpikir lebih jauh. 

Contoh Teks Penutupan Acara

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam penutup acara adalah kata-kata yang digunakan. Agar tidak bingung langsung saja berikut contoh teks penutup yang dapat dijadikan referensi. 

1. Teks Penutupan Seminar 

Hadirin yang kami hormati, tidak terasa kita sudah berada di penghujung acara seminar ini. Terima kasih atas partisipasi dan antusiasme yang luar biasa dari para peserta. Kami berharap materi yang telah disampaikan oleh para narasumber dapat memberikan wawasan baru dan bermanfaat bagi kita semua. 

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam kelancaran acara ini. Sampai jumpa di seminar-seminar berikutnya, dan semoga ilmu yang didapatkan hari ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Terima kasih.  

2. Teks Penutupan Acara Resepsi Pernikahan 

Bapak, Ibu, serta hadirin yang kami muliakan, tibalah kita di akhir rangkaian acara resepsi pernikahan ini. Kami, mewakili kedua mempelai dan keluarga besar, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran dan doa restu yang telah diberikan. 

Semoga kebahagiaan dan keberkahan selalu menyertai kedua mempelai dalam membangun rumah tangga yang harmonis. Kami juga mohon maaf jika ada kekurangan selama acara berlangsung. Sampai bertemu di kesempatan lain, dan selamat malam. 

3. Teks Penutupan Acara Perpisahan Sekolah

Anak-anak kami yang tercinta, Bapak/Ibu guru, serta hadirin yang berbahagia, perpisahan ini bukanlah akhir, melainkan awal dari perjalanan baru. Kami berharap semua pelajaran yang telah kalian peroleh selama ini dapat menjadi bekal yang berguna dalam menjalani kehidupan di masa depan. 

Terima kasih kepada seluruh guru, staf, serta orang tua yang telah mendukung dan bekerja sama selama ini. Kami ucapkan selamat menempuh alur  kehidupan yang baru. Tentu akan banyak tanjakan dan terjal yang akan  kalian temui, namun ingat jangan pernah sekalipun menyerah apalagi berputus asa. 

Gagal adalah bagian dari kesuksesan dan semoga kalian semua sukses dalam setiap langkah yang kalian ambil. Selamat jalan, dan sampai jumpa di puncak kesuksesan kalian. 

Teks penutup acara di atas dapat Anda jadikan referensi. Jangan lupa untuk selalu menambahkan sentuhan pribadi dalam menyampaikan penutupan, sehingga audiens merasa dihargai dan diapresiasi.