doa penutup acara singkat

3 Contoh Doa Penutup Acara Singkat sebagai Referensi

Posted on

Sebelum menutup sebuah acara, biasanya diadakan pembacaan doa secara singkat baik oleh orang yang bertugas membaca doa maupun oleh MC sendiri. Doa penutup acara singkat dibacakan dengan harapan bahwa acara yang telah berlangsung dapat membawa berkah.

Mengutip buku Doa-doa Dalam Acara Resmi, Keagamaan, dan Kemasyarakatan, Drs. M. Ali Chasan Umar, berdoa dapat melahirkan kerendahan diri serta menyatakan tujuan dan ketundukan kepada tuhan yang Maha Esa.

Contoh Doa Penutup Acara Singkat

Dalam berbagai acara baik formal maupun non formal, hendaknya untuk tidak lupa membaca doa baik di awal maupun di akhir acara. Berikut adalah beberapa contoh doa penutup acara singkat.

Doa Penutup Acara 1

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Ya Allah, Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Limpahkanlah rahmat dan hidayahmu kepada kami, semoga acara (nama acara) hari ini dapat membawa keberkahan bagi kami dan keridhaan dari-Mu.

Ya Allah, Ya Tuhan Kami. Rahmatilah ilmu yang telah kami dapatkan pada hari ini. Semoga ilmu ini dapat membawa kebaikan untuk masa mendatang. Kami juga memohon agar hubungan di antara kami semakin erat.

Ya Allah, Ya Tuhan Kami. Lindungilah kami dimanapun berada sehingga kami dapat berkumpul bersama dan melakukan kegiatan sebagaimana mestinya. Amin ya rabbal alamin..

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Doa Penutup Acara 2

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Ya Allah, Ya Tuhan kami. Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat-Mu hingga tiada henti-hentinya kami memuji kebesaran dan keagungan-Mu atas segala rahmat karunia yang telah Engkau limpahkan kepada kami.

Ya Allah, Ya Muhaimin Ya Salam. Dengan berakhirnya acara ini kiranya Engkau dapat melimpahkan pengetahuan dan kekuatan kepada kami semua dan Engkau tumbuhkan rasa persaudaraan, persatuan yang kokoh di antara kami.

Ya Allah, Engkau-lah Sang Maha Pengampun. Ampunilah dosa dan kesalahan kami, dosa pemimpin kami, serta dosa dan kesalahan keluarga kami. Hanya kepada-Mu kami memohon pertolongan. Amin ya rabbal alamin…

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Doa Penutup Acara 3

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Ya Allah, Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Pada hari yang penuh kebahagiaan ini, kami berkumpul di tempat ini dengan penuh ketundukan dan kekhusyuan, memanjatkan puji dan syukur kehadirat-Mu.

Ya Allah, Yang Maha Kaya dan Maha Alim. Karuniakanlah kepada kami pengetahuan dan keilmuan sebagai bekal kami di masa depan. Jadikanlah acara ini sebagai sarana untuk terus menambah kualitas diri kami agar menjadi manusia yang berguna dan bermanfaat.

Ya Allah, Yang Maha Bijaksana. Berilah kami kekuatan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan kami. Anugerahkanlah kepada kami kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi berbagai hambatan dan tantangan.

Ya Allah, Yang Maha Pemurah. Hanya kepada-Mu kami bergantung dan memohon pertolongan. Kabulkanlah doa dan permohonan kami ini. Amin ya rabbal alamin…

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.  

Demikianlah beberapa contoh doa penutup acara singkat yang dapat dijadikan pilihan dalam membuat teks doa. Semoga dengan adanya doa ini, acara yang telah berlangsung dapat membawa berkah bagi seluruh pesertanya.